Berita harga rokok naik menjadi pro kontra belakangan ini. Tak tahu dari mana, tiba-tiba muncul daftar harga rokok yang menyebar dan menjadi topik bahasan. Pemerintah juga belum resmi memutuskan kenaikan harga rokok. Banyaknya faktor yang mempengaruhi kenaikan harga rokok sepertinya akan membuat harga rokok tidak akan berubah dalam waktu dekat.

Lupakan sejenak harga rokok naik. Berikut beberapa hal yang kami benci dari perokok.

  1. Merokok tidak pada tempatnya
    Percayalah, banyak di antara perokok yang tidak tahu aturan. Merokok di sembarang tempat. Pernahkan melihat perokok dengan santai mengepulkan asapnya di area bebas rokok. Atau bahkan merokok saat di sekitar terdapat bayi atau anak kecil. Sayangnya kejadian ini sering terlihat dimana-mana. Well, kalau Anda perokok tak perlulah membagikan racun rokok ke orang sekitar.
  2. Merokok di angkutan umum.
    Tak perlu dijelaskan betapa menyebalkan perokok yang masuk ke angkutan umum layaknya jagoan. Dengan tenang menghisap rokok di saat penumpang lain melirik sebal. Padahal menurut  Surat Edaran Nomor: SE 29 Tahun 2014 tentang Larangan Merokok di Dalam Sarana Angkutan Umum, merokok dilarang di kereta api, angkutan laut, penyeberangan, dan angkutan udara.

    Saat ini PT KAI mempunyai sanksi yang cukup keras. Apalabila kedapatan merokok di kereta, penumpang akan diturunkan di stasiun terdekat tanpa basa basi.

  3. Membuang Puntung Rokok SembaranganAsbak
    Combo. Tak hanya suka merokok sembarang, para perokok juga membuang puntung rokok mereka di mana-mana. Kejadian di sebuah mall di selatan Jakarta, seorang bayi terkena puntung rokok yang dilempar sembarangan dari lantai atas. Belum lagi puntung rokok yang sengaja diselipkan ke tanah dekat tanaman.

    Buat saya, hal yang paling menyebalkan dari perokok yang membuang puntung rokok sembarangan adalah membuangnya di tempat makanan. Tak sedikit yang menggunakan tempat makanan mereka sebagai asbak di foodcourt. Abu rokok dibuang di bekas mangkok bakso, piring makanan bahkan botol minuman.Ayolah. Otak kalian ditaruh dimana? Tempat makanan bukan asbak. Bisa bayangkan kalau kalian makan dari asbak bekas rokok?

Merokok sendiri membutuhkan kedewasaan seperti mengetahui keadaan sekitar, berempati dan siap menerima risiko. Kami merasa kalaupun harga rokok naik tak serta merta bakal bikin kejadian di atas hilang seandainya mental para perokok masih sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here