Anda tentu ingat lagu Barcelona karya Fariz RM. Jika kebetulan anda sedang melakukan perjalanan wisata atau bisnis, tidak ada salahnya untuk menikmati kota Barcelona yang menawarkan: Festival, kuliner, seni, budaya, arsitektur dan pesona lainnya.

Nah bagaimana menikmatinya dalam waktu yang singkat? Tentu saja hal ini cukup menantang bagi anda yang tak punya banyak waktu. Tapi berikut ini cara menikmati kota yang indah ini.

1. Temukan Barcelona Dengan Jalan Kaki

 

Barcelona memang kota yang besar, namun tetap dapat Anda nikmati dengan berjalan kaki. Luangkan waktu sehari untuk berkeliling tanpa menggunakan metro atau bus turis dan temukan pengalaman kuliner yang memikat. Jika anda sedang berniat untuk menikmati arsitektur dan taman kota, ada baiknya Anda mampir sejenak ke Parc de la Ciutadella atau Parc de Joan Miró, dan Montjuïc castle. Keluarlah dari jalur dan menujulah ke Horta, temukan pesona distrik Sant Andreu, distrik yang menyimpan sisi lain. Anda bisa mengambil foto dengan pemandangan yang luar biasa.

2. Eksplorasi Gaudí dan modernisme

La Pedrera

La Pedrera

Tidak diragukan lagi, pesona utama Barcelona bagi para pelancong adalah arsitektur kota yang modern dan tentu saja karya Antoni Gaudí. Berkelilinglah sejenak dan Anda akan menemukan berbagai karya Gaudi di belahan kota, baik berupa bangunan sipil atau tempat ibadah. Paling terkenal adalah Sagrada Família, yang mengagumkan; Park Güell, sebuah tempat seperti dongeng yang menyerupai taman di Inggris; serta La Pedrera. Jangan lupa untuk mengunjungi karya Gaudi lainnya yang mungkin Anda lihat di buku pedoman seperti Palau Güell, Casa Batlló, Casa Vicens.

Bukan cuma Gaudi yang meninggalkan warisan arsitektur modern di Barcelona. Anda bisa mengunjungi Casa Amatller dan Palau de la Música, karya Puig I Cadafalch; Casa Lleó Morera, karya Domènech i Muntaner; dan Casa de les Terrades. Tak ketinggalan Hospital de la Santa Creu i Sant Pau, sebuah rumah sakit yang diakui sebagai salah satu World Heritage Site.

3. Bernyanyilah dalam konser

Gran Teatre del Liceu

Gran Teatre del Liceu

Barcelona mempunyai banyak live musik venue  seperti Razzmatazz and Apolo, tapi kota ini juga menyimpan gedung pertunjukkan yang luar biasa indah. Salah satunya adalah The Gran Teatre del Liceu yang megah, dengan dekorasi berwarna emas, karpet merah dan ornamen yang mengagumkan. Jangan ragu untuk mengecek program yang ada. Tak perlu ragu, tiket yang dijual tak semahal yang anda kira dan ini adalah tempat yang tak boleh dilewatkan. Lalu ada L’Auditori, gedung indah dengan kapasitas untuk 2,400 orang. Tak hanya untuk pecinta musik klasik, gedung ini juga sering digunakan untuk pertunjukkan jazz dan world music. Tengok juga The Palau de la Música Catalana yang arsitekturnya bernuansa modernist.

4. Picasso Muda

El Misteri Picasso

El Misteri Picasso

Picasso menghabiskan masa mudanya di Barcelona. Ikuti jejak dari si jenius ini dengan mengunjungi landmark yang turut membentuk masa mudanya. Berjalanlah ke C/Reina Cristina dan menyeberanglah ke 3 di C/Mercè untuk melihat keluarga Picasso hidup meskipun akhirnya gedung itu dihancurkan. Jika lelah, Anda bisa mempir ke Els 4 Gats, dimana banyak artis termasuk Picasso dan Salvador Dali, bertemu, makan malam dan berkumpul untuk membahas tentang seni. Tentu saja Anda harus mengunjungi Museu Picasso, sebuah galeri dimana Picasso muda bekerja.

5. Nikmati tapas, pintxos and vermouth

Casa de Tapes Cañota © Ivan Giménez

Casa de Tapes Cañota © Ivan Giménez

Pinxtos sejatinya adalah Basque tapas – sepiring kudapan kecil di atas roti yang saat ini lagi trend di Barcelona. Lucunya, Anda harus membayar berdasarkan jumlah tusuk gigi yang ditancapkan di kudapan tadi. Yang terkenal saat ini adalah Euskal Etxea, dimana Anda bisa menikmati ham empanadillas, pintxos ayam tempura dengan saus mayo saffron, atau mangga dan ham dengan keju provolone yang meleleh.

Tapi jika memang Anda menginginkan tapas yang asli dengan patatas bravas yang lezat kemudian digelontor bir dingin yang nikmat segeralah menuju Quimet i Quimet, La Esquinica atau El Jabalí.

Hidangan Anda akan semakin nikmat dengan  vermouth terbaik. Bar Calders, La Pepita dan Bar Electricitat bisa jadi tempat menghabiskan akhir pekan Anda.

6. Dakilah Montjuïic Yang Menakjubkan

© Greg Gladman / Time Out

Ingin suasanya yang berbeda? Dakilah Gunung Montjuïc yang tidak terlalu ramai turis. Temukan bangunan dari Olimpiade tahun 1992: Palau Sant Jordi dan tower telekomunikasi yang didesain oleh Santiago Calatrava.

Berjalanlah melewati Laribal gardens, karya Jean-Claude Nicolas Forestier, seorang arsitek landscape dari Perancis; kunjungi juga Tres Pins nursery, dan angkat topi Anda saat melewati patung tembaga penyair Italia, Dante Alighieri.

Sudah siap menikmati Barcelona dengan segala keindahan alam, kuliner dan budayanya?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here