Akhir tahun telah lewat. Resolusi tahun lalu tidak semuanya terealisasi terutama menyangkut produktifitas kerja dan hidup. Berikut ini beberapa tips bagaimana menjadi lebih produktif di tahun baru.

Bangun Lebih Pagi:
Mari kita mulai dengan trik sederhana tetapi paling sulit: bangun di pagi hari. Bayangkan apa yang bisa anda capai jika memulai semuanya 30-60 menit lebih awal yang biasanya? Jika anda merasa susah untuk menyelaraskan perkerjaan yang menantang dan kehidupan di rumah sementara anda juga butuh waktu untuk menikmati hidup, Golden Time ini akan sangat berharga. Anda dapat menggunakan waktu ini untuk latihan, meditasi, membaca novel favorit, membalas email, atau hanya bersantai dengan secangkir kopi dengan tenang.

Luangkan waktu untuk triase:
Pada hari tersibuk anda yang dimulai dari rapat yang beruntun, mengejar jadwal keberangkatan pesawat, anak-anak yang merengek, telepon genggam yang berdering di saku tentunya membuat anda menjadi panik. Saat inilah anda membutuhkan waktu untuk mencatat dengan cepat rencana yang penting yang harus dilakukan. Tentukan tingkat urgensi pada kegiatan anda. Jadi saat anda merasa panik, luangkan waktu 5 menit menuliskan stategi cepat untuk menyelesaikan semuanya.

Batasi Pilihan:
Menurut penelitian terbaru, semakin banyak pilihan yang anda buat akan menjadikan anda semakin bingung. Anda bisa mengurangi tingkat stress ini dengan cara membatasi pilihan-pilihan tersebut. Seperti makan menu sarapan yang sama atau menyiapkan pakaian kerja di malam hari.  Jika sering bepergian, anda bisa selalu memilih maskapai penerbangan yang sama, kursi yang sama, hotel yang sama, penyewaan mobil atau taksi dan layanan yang sama. Bonusnya, anda akan mendapatkan bonus point dari layanan mereka.

Delegasikan Tugas:
Jika anda bisa mendelegasikan tugas kantor, kenapa tidak mencoba untuk hal yang pribadi. Beberapa layanan dapat membantu anda untuk membeli barang di mall, membeli tiket bioskop atau makanan. Bahkan mungkin mengambilkan barang yang tertinggal di rumah.

Buat Jadwal se-normal Mungkin.:
Salah satu cara terbaik untuk membatasi stres dan menjaga produktivitas anda adalah membuat jadwal “Normal” sepanjang hari. Alih-alih lembur karena santai, lebih baik anda telah menyelesaikan pekerjaan sesaat sebelum jam kantor selesai . Dengan demikian, anda akan membuat ruangan anda lebih dari tempat kerja; tapi juga tempat untuk bersantai.

Katakan Tidak Lebih Sering:
Kenapa harus mengiyakan semua kalau hanya akan membuat anda mengubah jadwal, mengurangi waktu luang dan melakukan hal yang tidak menyenangkan? Pikirkan berapa banyak hal yang anda bisa capai (yang lebih menyenangkan) dan menyimpan energi untuk kegiatan pribadi yang anda inginkan jika anda mengatakan tidak untuk hal yang tidak penting.

(source: http://www.thegentlemenscorner.com/)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here