Lebaran sudah di depan mata. Bayangan menikmati liburan dan kuliner di kampung tak terbendung lagi. Konsentrasi kerja berangsung memudar karena “sudah bau liburan”. Begitupula riuh rendah persiapan mudik makin menyita pikiran Anda termasuk bayangan sesaknya jalanan karena berebut dengan pemudik yang lain. Nah simak tips persiapan mudik dari Gentleman Indonesia agar perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Cek Kendaraan

Road trip! Saya pernah melakukannya saat mudik beberapa tahun lalu. Hal yang terpenting dari perjalanan darat adalah kendaraan yang maksimal. Sebelum mudik, periksa kapan terakhir mobil Anda ditune-up.

Ayolah jangan pelit, sisihkan uang THR Anda untuk mengganti busi, filter bensin, filter udara, sistem pengereman, pendingin udara dan setel klep jika hal tersebut memungkinkan. Anda bisa melakukannya di bengkel langganan yang sudah mengerti seluk beluk mobil kesayangan.

Cek juga kelengkapan peralatan darurat seperti  ban serep, segitiga pengaman, dongkrak, tali derek dan kunci roda pengaman.

Kenali Jalur Mudik

Bawalah peta jalur mudik terbaru. Biasanya Anda bisa dapatkan di minimarket atau diberikan cuma-cuma oleh perusahaan jasa atau institusi yang berwenang seperti Departemen Perhubungan dan Jasa Marga.

Selalu update dengan keadaan terbaru di jalur mudik. Anda bisa mengikuti berita seputar mudik melalui aplikasi twitter dengan memfollow @pulkam atau akun berita yang selalu melaporkan keadaan mudik secara realtime.

Persiapan Fisik dan Mental.

Bukan cuma kondisi kendaraan yang harus diperhatikan, kondisi badan Anda juga tak kalah penting. Sebelum mudik, pastikan Anda dalam keadaan yang fit. Selalu ikuti pola 4×1 (4 jam berkendara, 1 jam istirahat) ketika mengemudi. Sediakan obat-obatan dan supply vitamin selama dalam perjalanan.

Tidur yang cukup sebelum mudik juga sangat penting. Kurang istirahat akan membuat Anda cepat lelah dan emosi jika menghadapi lautan mobil yang berjalanan lambat di jalur padat.

Perlu diingat, jangan meminum obat-obatan yang bisa menyebabkan kantuk. Hindari juga mengkonsumsi minuman beralkohol selama perjalanan.

Catat nomor Darurat

Anda tak tahu apa yang akan terjadi selama dalam perjalanan. Persiapkan nomor darurat seperti nomor rumah sakit, polisi, pos jaga 24 jam di tiap kota selama perjalanan pada ponsel Anda. Saat ini beberapa perusahaan sudah menyediakan aplikasi khusus layanan mudik. Anda bisa menginstall di ponsel. Jangan lupa jika mudik bersama si kecil, Anda harus membawa catatan medisnya.

Pastikan Rumah Aman

Nah yang terakhir adalah memastikan bahwa rumah yang ditinggal sudah dalam keadaan aman. Pastikan listrik dan pelatan yang bisa menyebabkan api sudah dimatikan. Kalau Anda mempunyai binatang peliharaan, lebih baik dititipkan ke pet shop supaya lebih terjamin. Anda juga bisa menitipkan rumah kepada petugas lingkungan atau tetangga yang tidak ikut mudik. Kalau Anda mempunya barang berharga yang tidak bisa dibawa, lebih baik dititipkan di pegadaian. Anda bisa menebusnya kembali saat pulang dari kampung halaman.

Dengan mengikuti tips diatas, Anda sudah siap untuk mudik dan liburan bersama keluarga tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here